8 cara belajar

Posted on | Rabu, 24 November 2010 | No Comments

Sering orang beranggapan bahwa masa belajar selesai ketika sudah bekerja. Mereka berhenti belajar sekalipun hanya lulus SMA. Padahal seharusnya belajar harus terus kita lakukan selama hidup. Selama kita mampu. Tak melihat umur. Karena dengan belajar kita terus dapat mengembangkan diri, mendapatkan ketrampilan baru, mendapatkan cara yang lebih baik untuk berkarya atau pengetahuan yang luas.


Sekolah bisa selesai, pemberlajaran tidak boleh berhenti. Disini saya mencoba berbagi 8 cara yang dapat dilakukan untuk tetap selalu belajar.

Yang pertama, dan ini yang paling saya sukai, adalah membaca. Tidak semua orang suka membaca, tapi kebetulan saya suka membaca. Bagi yang suka membaca cobalah membaca buku sebanyak-banyaknya yang bisa membuat anda ahli di bidang tertentu. Jangan hanya membaca komik atau yang memberi hiburan saja seperti majalah. Tapi juga membaca sesuatu yang lebih berbobot yang berguna untuk kehidupan bisnis anda.

Yang kedua, melakukan surfing di internet. Ceklah hal-hal yang membantu anda menjadi "lebih" ahli dalam berbisnis. Kalau anda seorang sales mencari pengetahuan penjualan yang baik. Kalau anda profesinya akuntansi carilah tentang metode akuntansi yang baik. Dan hebatnya di internet, apapun ada di sana.

Yang ketiga belilah audiobook. Ada buku dalam format audio, ada motivasi dalam bentuk audio. Kalau mau repot bisa diubah ke format mp3 sehingga bisa dimasukkan ke ipod. Dengan audio ini kita bisa mendengarkan sambil melakukan kegiatan lain, misal di jalan atau di mobil. Sehingga bila menganggur, misalkan sedang menunggu di bandara, bisa mendengarkan audio untuk memperkaya kemampuan anda.

Yang keempat yakni sekolah lagi. Entah di kursusan, sekolah singkat sabtu-minggu, sekolah 2 kali seminggu, atau bisa mengambil MBA selama 2 tahun.

Yang kelima, tanyalah pada yang ahli di bidang itu. Anda ingin mempelajari sesuatu tanyalah pada orang itu baik melalui email atau ketemu langsung. Ber diskusi dengan orang ahli akan memberikan masukan yang sangat berguna pada bisnis anda.

Yang keenam, ikutlah perkumpulan tertentu khususnya yang sesuai dengan bidang minat anda. Asosiasi Komputer, Perkumpulan Toastmasters, Rotary Club, Pertemuan para penyair, dan seterusnya.

Yang ketujuh, bersahabatlah dengan orang yang lebih pandai dari anda. Anda akan ketularan ilmu darinya sehingga ikut menjadi lebih pandai dan mengikuti apa yang telah dipelajari oleh orang itu.

Yang kedelapan belajarlah dari atasan, pimpinan, atay Bos anda. Pemilik perusahaan anda atau pimpinan anda bisa sukses karena sesuatu kemampuan mereka. Pasti banyak yang dapat anda pelajari darinya.

Itulah 8 hal yang dapat anda kembangkan untuk membuat anda menjadi seorang pembelajar yang baik dan nantinya akan menjadi orang yang lebih sukses dalam hidup ini. Selamat Belajar.


* Tanadi Santoso

Comments

Leave a Reply

Pengikut

Komentar tulis disini.....