tanda-tanda ibu hamil

Posted on | Senin, 29 November 2010 | No Comments



Ibu Hamil Telanjangl
Foto Hamil
Eh jangan kaget dulu kirain Ibu Jempol hamil lagi. Ini ada seorang teman yang sudah menikah beberapa lama tapi baru mau mengalami kehamilan pertama. Dia nanya: “Apa sih tanda hamil itu ? Gejala kehamilan itu apa aja ? Cerita pengalaman hamil, dong” 
 
Nah Ibujempol terpaksa memutar balik ingatan ke masa di mana Ibu Jempol pernah menyandang predikat Ibu Hamil selama 5 kali ! (Yup 5 kali hamil teman, 4 kali berhasil, sekali keguguran, yaitu saat kehamilan yang kedua). Tanda hamil atau gejala kehamilan kayaknya berbeda dari orang ke orang tapi juga berbeda dari satu kehamilan ke kehamilan yang lain. Nah di sini Ibu Jempol merangkum aja semua gejala atau ciri ciri hamil yang pernah Ibujempol alami sbb :

1. Telat haid. Diriku selalu haid tepat waktu, makanya kalo lewat 1 atau 2 hari aja udah langsung tanda tanya. Kalo yang haidnya gak teratur, mungkin bisa nunggu kalo udah telat 1 or 2 minggu.

2. Payudara terasa kencang, daerah areola berwarna lebih gelap, daerah coklat areola juga sedikit lebih besar

3. Cepet capek, lemes, gak ada tenaga, terkadang mata berkunang kunang.

4. Mual dan muntah. Kalo masalah mual ini di 4 kehamilan yang berhasil aku rasakan mual, sedangkan saat hamil yang berakhir dengan keguguran, aku gak mual sama sekali. Mual ini kadang disertai sakit kepala.
Keinget aja saja kehamilan pertama, nyium bau makanan apa aja bahkan nasi sekalipun bikin mual dan sakit kepala.

5. Tubuh lebih anget, temperatur tubuh meningkat.

6. Lebih sering pipis tapi sebaliknya terkadang malah konstipasi atau sembelit.

7. Pernah ada flek warna pink yg datangnya lebih awal dari saat datangnya haid. Ini kayaknya terjadi saat penempelan fetus / embrio ke dinding rahim. Flek ini dikit aja.

8. Ada kehamilan yang saat awalnya diwarnai dengan nafsu makan yang bertambah, terus selalu merasa lapar, tapi ada juga yang nafsu makan normal aja.

9. Ada kehamilan yg awalnya disertai sakit pinggang, atau sakit di perut bagian bawah, daerah perut bawah ini terasa kenceng. Kadang juga terasa kram. 
 
Nah kayaknya gitu deh gejala atau tanda kehamilan yang pernah Ibujempol rasakan. Teman gak perlu atau gak harus punya semua tanda tanda hamil tsb baru bisa ambil kesimpulan kalo teman hamil. Ada orang yg cuman punya 2 atau 3 gejala di atas, ada yg 3 atau 4 gejala atau ada juga yang punya lebih banyak tanda tanda. Yang Ibujempol bikin itu semua rangkuman dari tanda kehamilan yang pernah Bu Jempol rasakan selama 5 kali kehamilan. Untuk lebih pasti teman bisa lakukan test hamil dgn test pack atau bisa langsung ke Obgyn, tapi lakukan setelah telat haid 2 minggu atau lebih. Karena biasanya tanda hamil umur 2 atau 3 minggu belum begitu terasakan.

Comments

Leave a Reply

Pengikut

Komentar tulis disini.....